sewa wheel loader Jogja banyak di cari Dari sekian banyak jenis alat berat yang tersedia, wheel loader merupakan satu dari sekian yang paling lazim digunakan di berbagai jenis proyek konstruksi. Sebenarnya, wheel loader mempunyai kemiripan dengan dozer shovel terkait fungsi dan kegunaannya. Hanya ada beberapa hal yang membuat alat ini berbeda. Satu diantaranya adalah penggunaan roda karet untuk wheel loader. Roda karet ini berfungsi untuk memungkinkan wheel loader agar mampu digunakan di medan yang licin secara maksimal. Namun, wheel loader juga mempunyai kekurangan dimana alat ini tidak mampu untuk mengambil tanah sendiri sehingga harus dibantu oleh bulldozer untuk dozing atau stock pillingnya. Jika Anda tengah atau akan mengerjakan proyek konstruksi di wilayah Jogja dan sekitarnya, maka pilihan terbaik adalah untuk menghubungi penyedia sewa wheel loader Jogja. Perusahaan ini menyediakan berbagai alat berat dalam kondisi prima dan dengan harga yang terbaik.

sewa-wheel-loader-jogja

Kegunaan Sewa Wheel Loader Jogja

Sebagai alat yang berfungsi untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain lain, wheel loader kerap digunakan di berbagai proyek konstruksi. Lebih dari itu, wheel loader juga mempunyai beberapa fungsi kegunaan lain yang penting diantaranya adalah:

  1. Untuk membersihkan lapangan atau lokasi proyek. Hal ini sering dikenal dengan istilah land clearing
  2. Untuk menggusur tanah atau material padat lainnya dalam jarak dekat
  3. Untuk meratakan timbunan material berupa tanah atau batu kemudian mengisi kembali galian material
  4. Untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan dipindahkan ke tempat lain
  5. Untuk mengupas bagian tanah yang jelek dalam rangka perawatan
  6. Untuk meratakan permukaan yang kerap dikenal dengan istilah finishing

Dalam pengoperasiannya, wheel loader mempunyai cara kerja yang khusus. Alat ini bergerak dengan bantuan penggerak utama berupa sistem hidrolik. Tenaga hidrolik ini berdaya sangat besar sehingga memungkinkan wheel loader untuk dapat mengeruk, menggali dan mengangkut material padat yang besar dan berat. Biasanya, semakin datar permukaan pada lokasi proyek konstruksi maka wheel loader akan semakin leluasa untuk bekerja.

Terkait pengoperasian bucket, maka digunakanlah kendali hidrolis. Sedangkan jenis kendali kabel sekarang sudah jarang digunakan. Wheel loader bekerja dengan gerakan tertentu. Yang pertama diawali dengan gerakan menurunkan bucket, mendorong bucket (untuk memuat atau menggusur), dilanjutkan dengan mengangkat bucket dan diakhiri dengan membuang muatan yang berada di dalam bucket.

Terdapat beberapa cara pemuatan apabila material akan dipindah ke dalam alat angkut lain misalnya truk. Cara-cara tersebut adalah : V-loading, L-Loading, Overhead Loading dan Cross Loading. Untuk menentukan cara pemuatan yang paling pas, maka harus menyesuaikan dengan kondisi medan proyek.

Bagian Penting di Alat Wheel Loader

wheel-loader-jogja

Konstruksi wheel loader terbagi menjadi beberapa bagian penting. Salah satu diantaranya adalah bucket container. Bagian ini terpasang di bagian depan alat dan berfungsi untuk menggali, memuat, mengangkat dan membuang material. Ukuran bucket pun bervariasi mulai dari yang berukuran ¼ cuyd hingga 25 cuyd dengan kapasitas yang terbesar. Yang paling umum digunakan di proyek konstruksi adalah bucket berukuran 5 cuyd.

Seperti halnya alat-alat berat yang lain, wheel loader juga mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan. Tidak ada salahnya untuk mengetahui hal ini sebagai bekal. Untuk kelebihan, terdapat beberapa hal diantaranya adalah mobilitas alat yang tinggi, tingkat kerusakan permukaan pada loading point cenderung lebih rendah mengingat penggunaan ban karet dan juga maneuver daerah pemuatan juga lebih sempit. Terkait kekurangan, maka terdapat satu hal yang juga perlu untuk diketahui. Yakni dalam penempatan muatan dapat terjadi kemiringan yang dapat membahayakan sehingga dibutuhkan skill operator yang tinggi.

Informasi mendasar terkait fungsi, cara kerja beserta kekurangan wheel loader tentu penting untuk menjamin proses pengerjaan proyek agar berjalan lancar. Ketika Anda sudah cukup menguasai, maka yang berikutnya harus dilakukan adalah menghubungi pihak sewa wheel loader Jogja untuk menyewa alat yang dibutuhkan. Di tempat ini, Anda juga bisa menemukan berbagai jenis alat berat lain diantaranya adalah bulldozer (baca bulldozer) dan bego (Baca Bego).

 

Call
WA
IM3
SIMP
XL
WA
Email