Select Page

Alat berat adalah hal yang sering didengar pada kegiatan di bidang proyek konstruksi, pertambangan, perkebunan, dan lain sebagainya. Menurut pengertiannya yang disebut alat berat adalah mesin dengan ukuran yang besar yang dapat digunakan untuk mengerjakan fungsi konstruksi seperti memindahkan bahan bangunan dan pekerjaan tanah untuk membantu kemudahan pekerjaan manusia. Secara umum alat berat dibedakan menjadi dua berdasarkan penggeraknya dan berdasarkan fungsinya.

Bulldozer merupakan salah satu jenis alat berat dengan alat penggerak utamanyabertipe traktor dengan dilengkapi dengan blade (pisau) yang bergerak maju mundur. Jenis pekerjaan yang bisa dibantu dengan bulldozer antara lain pada bidang pertambangan untuk meratakan tanah, menggali, dan menumbangkan pohon pada saat proses land clearing.

Spesifikasi Alat Berat Bulldozer

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai bulldozer maka perlu melihat spesifikasi alat berat bulldozer dan komponen beserta fungsinya yang menyusun alat berat ini. Secara garis besar bulldozer terdiri dari tiga bagian yaitu depan, tengah, dan belakang.

Pada bagian depan terdapat blade (pisau) yang berguna untuk memotong dan mendorong permukaan tanah. Pada bagian tengah terdapat frame atau tempat dudukan track shoe yang merupakan komponen mesin penggerak utama. Pada bagian tengah juga terdapat radiator untuk pendingin mesin. Sedangkan pada bagian belakang terdapat ripper yang berguna untuk membongkar material yang tidak dapat digali oleh blade. Ripper biasa digunakan untuk jenis pekerjaan pembuatan jalan. Alat lain yang bisa dipasangkan pada bagian belakang adalah winch yang berguna untuk menarik material untuk pengerjaan kayu di hutan.

Merk Bulldozer yang Beredar di Indonesia

Seperti dengan kendaraan atau otomotif lainnya, alat berat yang dapat dijumpai di Indonesia pun terdiri dari beberapa merk bulldozer. Beberapa merk ini diantara adalah Komatsu, Caterpillar, dan Hitachi. Ketiga merk tersebut adalah jenis Bullzoder yang paling popular di dalam negeri.

Komatsu, Caterpillar, dan Hitachi adalah merk bulldozer yang selama ini berada di peringkat paling atas dari segi angka penjulan yang terdapat di pasar dalam negeri. Keunggulan masing- masing merk adalah faktor penting bagi para konsumen untuk menjatuhkan pilihan pada ketiga brand tersebut. Terbukti hingga sekarang ketinganya masih menjadi andalan untuk membantu pekerjaan seperti industri pertambangan, perkebunan, infrakstruktur, dan manufaktur. Ketiga merek alat berat ini paling sering digunakandengan menjadi pilihan utama bagi pelaku bisinis dan juga menjadi favorit barang modal.

Ragam Harga Bulldozer

Sebelum memutuskan untuk memilih jenis merk yang akan digunakan untuk kepentingan industry, biasanya para pelaku bisnis atau konsumen akan mengevaluasi berbagai faktor penentu seperti spesifikasi produk dan harga unit. Harga tentunya merupakan salah satu faktor penting yang dijadikan pertimbangan dalam hal tersebut terlebih bila berkaitan dengan belanja biaya modal dan cost produksi.

Harga bulldozer yang beredar di pasaran tentu sangat bervariatif berdasarkan merk dan spesifikasi yang terdapat pada unit tersebut. Sebagai salah satu alat berat tentu bulldozer ditawarkan dengan harga yang tinggi mengingat fungsi dan performanya yang besar. Harga bulldozer unit baru tentu lebih tinggi bila dibandingkan dengan unit secondnya. Oleh karena itu tak jarang pula banyak pebisnis yang memilih untuk membeli second maupun sewa seperti di Sewa Bulldozer Jogja.

Distributor Bulldozer di Indonesia

Mengingat alat berat merupakan barang yang tak seramai otomotif lain dalam hal arus jual belinya, mungkin konsumen mengalami kebingungan untuk mendapatkan unit bulldozer yang akan digunakan. Namun hal tersebut tampaknya tak perlu dikhawatirkan terlebih di jaman modern seperti sekarang ini. Dimana segalanya bisa didapatkan dengan kemudahan akses internet. Konsumen pun bisa menelusuri terlebih dahulu mengenai jenis dan spesifikasi bulldozer yang diinginkan kemudian menghubungi sales resminya.

Untuk kelanjutannya konsumen dapat mengunjungi distributor bulldozer yang ada di Indonesia. Setiap merk bulldozer memiliki distributor resmi yang berbeda dan sudah tersedia office-nya di Indonesia. seperti Komatsu yang merupakan produk buatan pabrikan Jepang dan Caterpillar untuk alat berat dari USA tentu sudah memiliki perwakilan resmi dimana konsumen bisa mendapatkan bulldozer yang menjadi favoritnya dan mendapatkan pelayaanan after sales.